MENU RESEP MASAKAN BUKA PUASA DAN SAHUR PRAKTIS SEHAT

Allhamdullilah tidak tersa sebentar lagi  kita sudah mau memasuki Bulan Ramadhan, sudah tentu banyak persiapaj kita yang harus lebih memperhatikan lagi mengenai menu sehat yang terbaik yang  kita siapkan sebagai sajian menu buka puasa dan menu sahur. berbagai hidangan menu untuk berbuka puasa yang bagus sudah tentu adalah makanan yang sehat.


Bermacam-macam buah dan sayuean merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan dan efek kesehatan jangka panjang bagi tubuh kita.

Berikut macam buah-buahn yang menjadi menu yang paling baik untuk konsumsi kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat bagus sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan menawarkan tubuh berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah konsumsi air putih, usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan menu makan setelah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari menu takjil untuk berbuka puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam menu buka puasa diantaranya adalah sebagai berikut :
Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.

Berikut Sajian Menu Sehat Buka Puasa :

Resep Telur Dadar bayam


RESEP TELUR DADAR BAYAM

1 buah bawang bombay dipotong dadu
1 buah tomat dipotong dadu
minyak goreng atau margarin
garam dan merica secukupnya
4 butir telur ayam dikocok lepas dalam sebuah wadah
1 ikat bayam dipetik daunnya lalu cuci bersih
2 buah kentang dikupas kulit dan cuci bersih lalu iris tipis-tipis

CARA MEMBUAT :

Pertama panaskan sedikit minyak atau margarin,  kemudian tumis bawang bombay sampai layu setelah itu  masukkan kentang. kemudian masukkan tomat, aduk-aduk dan terakhir masukkan sayur bayamnya, aduk sebentar lalu angkat.
Masukkan tumisan tersebut ke dalam kocokan telur, beri garam dan merica secukupnya lalu aduk rata.
Panaskan lagi sedikit margarin atau minyak lalu goreng adonan di atas api kecil. Balik agar matang merata di kedua sisi kemudian angkat dan Telur dadar bayam praktis  siap untuk disajikan.



MENU RESEP MASAKAN BUKA PUASA DAN SAHUR PRAKTIS SEHAT | indra | 5

0 comments:

Post a Comment