Resep Menu Buka Puasa Sehat


Menu Buka Puasa Sehat Ramadan selama 30 hari penuh tentu menjadi tantangan tersendiri. Setelah seharian menahan lapar, tentu saat berbuka ingin menyantap makanan lezat dan menggugah selera. Namun banyak dari kita yang melupakan pentingnya mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.
 Bila Anda makan makanan yang tidak membantu menjaga kondisi tubuh Anda maka bisa saja Anda malah terkena beberapa penyakit seperti maag, kurang vitamin dan sakit kepala. Selama menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan di bawah ini agar kesehatan Anda terjaga. 

  1. Sayuran hijau karena selain mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  2. Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.
  3. Beras merah berbeda dengan beras putih karena bagian kulit pada beras merah masih utuh. Para ahli gizi dan ahli diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  4. Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya setelah berpuasa. Makan satu sajian oat memberikan tubuh vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.

Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan bisa dimulai dari hal yang paling sederhana, yaitu menu berbuka puasa.  Yuk jaga kesehatan selama bulan Ramadan!
 Berikut Kami Rangkum Menu Buka Puasa Sehat Untuk anda.
 Resep Nasi Merah:
 Bahan Nasi Merah :
3 buah cabai merah iris tipis
200 gram dada ayam, rebus lalu potong dadu
2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur
1 sdt minyak wijen
50 gram bawang bombay, cincang
3 siung bawang putih, cincang
50 gram jamur merang, potong-potong
2 batang daun bawang, iris tipis
daun pisang dan lidi
100 gram wortel, cincang halus
2 sdt garam, 1 sdt merica bubuk, 1/2 sdm kecap manis
500 gram nasi beras merah

Resep cara masak Nasi Merah

Cara Masak Nasi Merah :
  1. Panaskan minyak zaitun dan minyak wijen. Tumis bawang bombay, bawang putih dan cabai merah hingga harum. Masukkan daging ayam, jamur merang dan wortel,  aduk rata.  Tambahkan garam, merica bubuk serta kecap manis.
  2. Masukkan nasi beras merah dan daun bawang,  aduk rata lalu angkat.
  3. Bagi nasi menjadi 4 bagian, bungkus dengan daun pisang, sematkan dengan lidi di ujung-ujungnya lalu  bakar hingga harum.




Resep Menu Buka Puasa Sehat | indra | 5

0 comments:

Post a Comment